0
11 Jun
Dikirim pada 11 Juni 2013 di Batik

bila awal mulanya baju batik cuma dikira sebagai kelas spesial didunia fashion, yaitu kelas yang cuma diminati oleh beberapa kecil kelompok umur yang mengerti histori serta budaya indonesia ( juga kelompok umur ningrat yang turunkan batik sebagai di antara seni ), saat ini busana tersebut telah jadi acuan jenis didunia fashion. beragam peragaan baju batik modern tak akan terlihat sepi pengunjung, justru menarik banyak pengunjung. sebagian pengunjung yang datang dengan beragam alasan jadikan pesona baju batik sebagai sisi dari seni yang dapat di nikmati oleh beragam kelompok umur.

bukan sekedar jadikan seni tersebut sebagai baju batik modern, beberapa desainer juga menggunakan seni batik dalam jenis fashion yang lain, layaknya tas, sepatu, dompet, apalagi aksesories lain layaknya perhiasan gelang, kalung, dan sebagainya. seseorang dapat tampak cantik bukan sekedar memakai baju batik, namun juga dengan aksesories berukiran batik, layaknya kerajinan tangan berupa cincin serta gelang yang juga diukir gunakan seni batik. perihal tersebut sudah pasti bikin dunia budaya jadi makin bingar dengan timbulnya ikon-ikon fashion yang membawa seni batik ke dalam wahana design mereka, terhitung baju batik yang apalagi saat ini telah amat beredar di beragam kelompok umur masyarakat.

walau demikian, ada perihal yang perlu dijaga dengan timbulnya baju batik sebagai di antara ikon fashion di indonesia. busana yang membawa nilai-nilai filosofis budaya ini seyogianya dapat membawa misi yang juga jamant kaitannya dengan nilai budaya. bila pada mulanya kita berpendapat bahwa baju batik cuma pas dikenakan oleh kelompok umur berusia ( ibu-ibu serta bapak-bapak ) atau pada acara resmi saja, kita saat ini bisa berbesar hati dikarenakan banyak anak muda yang justru memakainya ke beragam acara, baik yang berbentuk enjoy ataupun resmi. kemajuan baju batik didunia fashion ini berikan dua peluang pada kebudayaan indonesia. di satu segi, nilai budaya tradisional dapat makin dihargai oleh masyarakat luas karenanya ada peningkatan tersebut.

tetapi di segi lain, timbulnya baju batik modern didalam dunia fashion juga dapat membawa dampak jelek pada peradaban serta kebudayaan primordial di indonesia. baju batik yang awal mulanya memikat dengan filosofis, dapat dengan mudahnya jadi mitos untuk beberapa pemakainya yang saat ini telah meraih seluruh susunan masyarakat. perihal tersebut dapat berlangsung jika pemakai baju batik cuma mementingkan estetika tampilan saja, tanpa mementingkan nilai-nilai budaya yang terdapat didalam seni batik itu sendiri.

sebagai perumpamaan, seseorang yang memakai batik khas cianjur ( dengan motif gambar beras yang melambangkan rasa bersyukur atas kesuburan yang sudah diberikan pada tanah cianjur ) dapat menghilangkan nilai-nilai kesuburan tersebut jika dipergunakan tanpa memahaminya. busana batik yang semestinya dipergunakan membawa nilai-nilai budaya yang luhur, kecantikan alami ( inner beauty ), serta rasa syukur jadi jadikan seni yang membawa manusia pada kelupaan dapat nilai-nilai tersebut. contohnya saja, kita banyak lihat bahwa umumnya kelompok umur menengah ke atas dapat lebih menentukan busana batik bernilai jutaan rupiah dibanding dengan batik yang dijual lebih murah. di satu segi, perihal tersebut mungkin menunjukkan begitu busana batik amat bernilai dikarenakan nilai kreativitasnya dikira tinggi. walau demikian di segi lain, mungkin perihal tersebut merupakan sesuatu pola pola hidup masa saat ini yang bikin batik jadi sesuatu nilai baru dalam kebudayaan moderen, yaitu nilai prestise.



Dikirim pada 11 Juni 2013 di Batik
comments powered by Disqus


connect with ABATASA