0
Dikirim pada 22 Mei 2014 di Batik

Siapa bilang kain batik cuma timbul di Pulau Jawa? Di pulau tetangga alias Pulau Bali juga dikenal kain batik yang sejenis tetapi gak sederajat dengan batik Jawa. Ciri khas batik Bali berada pada motifnya yang merupakan perpaduan antara usang maupun teranyar. Ciri tradisional kain batik Bali ditandai dengan adanya lambang-lambang khas area sebentuk burung bangau, naga, kura-kura, serta rusa.

Sentuhan termodern batik Bali terlihat dari warna-warna kain yang cerah dan corak bergelombang. Para pengrajin batik Bali lebih memiliki keleluasaan pada berekspresi ditimbang pengrajin batik dari Pulau Jawa akibat pastinya enggak amat terikat pakem tertentu.

Batik Bali perdana kali masuk pada industri kerajinan sekitar tahun 70-an. tidak dekat sebelum itu, batik dikenal orang Bali selaku udeng atau kain yang diikatkan di kepala dalam disaat ritual keagamaan. Pande Ketut Krisna, seorang pengrajin dari Banjar Tegeha, dusun Batubulan Sukawati-Gianyar, disebut-sebut sejenis pencetus industri kerajinan Batik Bali.

Dengan mengenakan peralatan tenun cap manual yang dikatakan ATBM, Pande Ketut Krisna memulai pengupayaan barang ciptaan masal batiknya. peralatan Tenun bukan generator atau ATBM tersebut memiliki pakem pengecapan yang sudah customize. Corak dan motif khas Bali tercetak di peralatan tenun tersebut.

Selain itu, ATBM memiliki corak perpaduan antar Bali ataupun luar Bali. pada perkembangannya, amat banyak bermunculan pengrajin batik calon juara yang mengenakan bahan pewarna alami sebentuk Ida Ayu Pidada dengan merk batiknya ”Batik Wong Bali”, AA. Inten Trisna Manuambari dengan merk batiknya ”Diamanta”, Arthur Karvan, sakral Pemayun, Bintang Mira, ataupun Marco.

Sejak asal mula kemunculan kain batik Bali, perkembangan industri batik selalu mengalami berkembangnya. wilayah Bali yang merupakan destinasi darmawisata semua dunia beserta menjadikan Bali sama dengan ikon surganya belanja barang-barang etnik.

Ciri khas batik Bali termasuk salah eka batik yang unik dan betul-betul amat banyak dilirik oleh para wisatawan domestik serta perantau. Apalagi, kerajinan batik booming dari segala penjuru Pulau Jawa di mancanegara, kebanyakan yang menulis batik Bali selaku babak dari list belanja jikalau berkunjung kedalam Pulau Dewata.
 



Cari Informasi Wisata Pangandaran, Paket Wisata Pangandaran, Green Canyon, Batu Karas dan yang lainnya, segera buka www.mypangandaran.com


Dikirim pada 22 Mei 2014 di Batik
comments powered by Disqus


connect with ABATASA