0
Dikirim pada 22 Mei 2014 di Batik

Kain batik Bali dapat diklasifikasikan kedalam pada tiga komponen besar, yakni berlandaskan tata cara pengerjaannya. Beberapa batik tersebut adalah sama dengan berikut.

1. Batik lukis, dilukis langsung dengan tangan memanfaatkan tools bantu dan bahan pewarna alami di atas kain opsi yang berbahan halus, tidak panas, ataupun bisa dijadikan komposisi baju yang sip. Batik tulis mutu primadona di Bali harganya distart dari 3 ratus lima puluh ribu hingga dua juta rupiah.

2. Batik tulis, kain batik yang masih polos putih dan berserat alami, sejenis bahan wol, katun, maupun sutra maupun dibuatlah corak dengan menggunakan tools bernama canting. Canting tersebut diisi dengan lilin malam yang dilelehkan.

Lilin malam tersebut harus dipanaskan selalu di atas api rendah agar tidak mengeras. setelah itu, batik yang telah bercorak dapat masuk ke tahapan pencelupan untuk melunturkan lilin. sistem tersebut dinamakan wax-resist dyeing.

3. Batik cap, kain bercorak batik (gak kain batik terbukti) dicap dengan tools istimewa sehingga menghasilkan motif batik yang sebangun setingkat dengan pengerjaan yang relatif singkat. sistem itu biasa difungsikan didalam industri batik skala besar.

Batik cap adalah batik yang enggak via proses masa bekerja seperti batik lukis dan juga batik tulis. Batik itu dijual dengan biaya yang relatif murah.

Selain tiga saksi batik tersebut, batik Bali juga muncul yang dikerjakan dengan menggunakan operandi aliansi (perpaduan batik tulis maupun batik cap), batik printing (dicetak dengan teknologi), maupun batik cabut (perpaduan batik printing serta batik tulis). Secara sekilas, saudara jangan-jangan gak dapat membedakan elemen batik tersebut, namun ada beberapa kiat yang bisa kau kenakan dikala memilih kain batik Bali, diantaranya serupa berikut.

1. Batik tulis memiliki motif yang asimetris atau enggak setingkat persis antara eka dengan yang lainnya, sedang batik cap ataupun batik printing tetap sederajat sama eka sederajat lain.

Aksen atau penekanan gambar, warna, ataupun karakter didalam batik tulis juga enggak sudah sama ukurannya. Hal itu dapat kelihatanlah dampak batik tulis dikerjakan oleh para seniman dengan idealisme yang dimilikinya secara detail.

2. Aroma yang khas seperti aroma daun, kulit kayu, dan juga aroma alami lain biasa aja tercium dari kain batik tulis atau lukis. Batik yang diproduksi masal dengan siasat cap atau printing umumnya mempunyai aroma cat buatan.

3. didalam kain batik tulis atau lukis memasang kain mori yang beratnya kian besar dari macam batik lainnya.
 



Dikirim pada 22 Mei 2014 di Batik
comments powered by Disqus


connect with ABATASA